Minggu, 27 Agustus 2017

WANITA, SEKALI LAGI WANITA



Dahsyatnya wanita, begitulah Muhammad Al Ghazali (1917-1996) berkisah dalam kitabnya ‘Al Mar’atu Fi al-Islam, saat pasukan Persia bergerak menyerang Jazirah Arab dengan pasukan berjumlah besar, bersiap-siaplah para pemimpin Arab menjemput mereka bersama pasukan kiriman dari kabilah-kabilah yang ada.

Sejarah berbicara, pemimpin Arab saat itu adalah Hanzalah bin Tsa’labah, sosok yang sigap. Segera memerintahkan kaum wanita yang turut perang agar turun dari Haudaj (gubuk  kecil diatas punggung unta) berjalan kaki bersama suami-suami mereka. Lalu Ia berkata lantang,”Hendaklah kalian wahai kaum lelaki, berperang didepan istri-istri kalian!”

Tak pelak lagi, teriakan itu membakar semangat kaum lelaki, jiwa ksatria mereka bangkit, yang semula terbetik gentar di dada, sontak lenyap berubah menjadi kobaran yang siap melahap apa saja. Apalagi dibelakang mereka ada istri-istri dan kaum wanita yang secara tak langsung memberi kekuatan. Lelaki manapun akan berusaha terlihat gagah perkasa nan pemberani di depan wanita.

Akhir yang bahagia, merekapun menang dengan suka cita, dengan kemenangan besar tak di nyana-nyana. Berpuluh tahun kemudian, saat bukit Uhud menjadi saksi, pertempuran besar yang menggetarkan hati, Perang Uhud. Wanita – wanita Kafir Quraisy berteriak lantang kepada suami-suami mereka:


إن تقبلوا نعانق                      ونفرش النمارق
أو تدبرو نفارق                          فراق غير وامق

Jika kalian maju kehadapan perang, pelukan kami tuk kalian diatas kasur  nan empuk
Tapi, jika kalian mundur pengecut, kita kan berpisah selamanya 

Takdir tak dapat ditolak, kaum Musliminpun menelan kekalahan dalam Perang Uhud, saat pasukan tak mendengarkan arahan sang Baginda Rasulullah. Itulah wanita, dahsyatnya menggelorakan pria. 

Banyak pria jaya karena wanita, banyak juga terhina karena wanita. Banyak pria bahagia dengan wanita, jua sebaliknya, banyak masalah gara-gara berurusan dengan wanita, so,hati-hati dengan wanita.



1 Dzulhijjah 1438H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar