Minggu, 12 Mei 2013

Nikmat Diutusnya Rasul, Dzikir & Derajat Syukur




Nikmat Diutusnya Rasulullah, Dzikir & Derajat Syukur
(Surat Al Baqarah: 152-153)
 

       Nash Ayat

كَمَا أَرْسَلْنَا فِيكُمْ رَسُولًا مِنْكُمْ يَتْلُو عَلَيْكُمْ آيَاتِنَا وَيُزَكِّيكُمْ وَيُعَلِّمُكُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَيُعَلِّمُكُمْ مَا لَمْ تَكُونُوا تَعْلَمُونَ (151) فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ (152) يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ (153)
2.       Terjemah

151. Sebagaimana (Kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul diantara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al Kitab dan Al-Hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui.
152. Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.
153. Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

3.       Kandungan

1.       Ayat 151

كَمَا أَرْسَلْنَا فِيكُمْ رَسُولًا مِنْكُمْ يَتْلُو عَلَيْكُمْ آيَاتِنَا وَيُزَكِّيكُمْ وَيُعَلِّمُكُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَيُعَلِّمُكُمْ مَا لَمْ تَكُونُوا تَعْلَمُونَ (151)
151. Sebagaimana (Kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul diantara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al Kitab dan Al-Hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui.
·         يَتْلُو عَلَيْكُمْ آيَاتِنَا  Nikmat diutusnya Rasulullah Shalallohu Alaihi Wasallam, membacakan ayat Allah.
·         وَيُزَكِّيكُمْ ( mensucikan jiwa dari kerusakan akhlak dan sifat buruk dan sifat-sifat jahiliyah)
·         وَيُعَلِّمُكُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَيُعَلِّمُكُمْ مَا لَمْ تَكُونُوا تَعْلَمُونَ  ( mengajarkan ALkitab ( Al  Qur’an ) dan Al Hikmah ( Sunnah ) sementara pada masa jahiliyah mereka berada pada kondisi kegelapan hidayah dan kebodohan perilaku “ ( Tafsir Ibnu Katsir 1/464)

2.       Ayat 152

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ
“ Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.”

·         Dzikir

-          Dzikir secara bahasa berarti mengingat atau menyebut
-          Abu Laits As Samarqandi ( W 373 H ) menafsirkan ayat ini:

اذكروني بالطاعة أذكركم بالمغفرة، فحق على الله أن يذكر من ذكره، فمن ذكره في طاعته، ذكره الله تعالى بخير ومن ذكر الله من أهل المعصية في معصية ذكره الله باللعنة وسوء الدار. ويقال: اذكروني في الرخاء، أذكركم عند البلاء. ويقال: اذكروني في الضيق أذكركم بالمخرج. ويقال: اذكروني في الخلاء، أذكركم في الملأ. ويقال: اذكروني في ملأ من الناس، أذكركم في ملأ من الملائكة.
-          Ingatlah Aku dengan ketaatan, aku akan mengingatmu dengan ampunan
-          Barangsiapa yang mengingat Allah dalam ketaatan, maka Allah akan mengingatnya dalam kebaikan
-          Barangsiapa menyebut Allah ketika bermaksiat, Allah akan melaknat dengan tempat kembali yang buruk.
-          Ingatlah Aku dalam kelapangan ( kesuksesan,kekayaan ) maka Aku akan mengingatmu ketika ditimpa musibah.
-          Ingatlah kepadaku dalam kesempitan, maka aku akan mengigatmu dengan memberikan jalan keluar.
-          Ingatlah kepadaKu dalam kesendirian, maka Aku akan mengingatmu dalam keramaian.
-          Ingatlah Aku dalam keramaian manusia, maka Aku akan mengingatmu dalam keramaian malaikat .[1]

Berkata Sayid At Thantawi:
اذكروني بالطاعة والاستجابة لما أمرتكم به والبعد عما نهيتكم عنه أذكركم بالرعاية، والنصرة، وصلاح الأحوال في الدنيا، وبالرحمة وجزيل الثواب في الآخرة
“ Ingatlah Aku dalam ketaatan dan respon cepat terhadap perintah dan menjauhi larangan, maka aku akan melindungimu, memberikan pertolongan, memberikan perbaikan kondisi di dunia, dan memberikan rahmat serta pahala besar di Akherat.[2]

·         Syukur
«وَاشْكُرُوا لِي وَلا تَكْفُرُونِ» ..
والشكر لله درجات، تبدأ بالاعتراف بفضله والحياء من معصيته. وتنتهي بالتجرد لشكره والقصد إلى هذا الشكر في كل حركة بدن، وفي كل لفظة لسان، وفي كل خفقة قلب، وفي كل خطرة جنان.

Syukur ada beberapa derajat:
1.       Dimulai dengan mengetahui keutamaan Allah
2.       Malu melakukan maksiat kepada Allah
3.       Berakhir dengan totalitas syukur,
Maksudnya adalah kesyukuran dalam setiap gerak tubuh, dalam setiap lafadz lisan, dalam setiap bisikan hati dan fikiran.[3]



Dalam hadits Qudsi yang tercantum di sahih Bukhari Muslim disebutkan:
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ رَسُولُ اللهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: ((يَقُولُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ: أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي بِي وَأَنَا مَعَهُ، إِذَا ذَكَرَنِي فِي نَفْسِهِ ذَكَرْتُهُ فِي نَفْسِي، وَإِذَا ذَكَرَنِي فِي مَلَأٍ ذَكَرْتُهُ فِي مَلَأٍ خَيْرٍ مِنْهُ، وَإِنْ تَقَرَّبَ إِلَيَّ شِبْرًا تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ ذِرَاعًا))
Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: Allah berfirman: Aku seperti prasangka hamba-Ku, Aku bersamanya, bila ia mengingat-Ku dalam jiwanya, Aku pun akan mrengingatnya dalam jiwa-Ku, jika ia mengingat-Ku dalam keramaian, maka Aku akan mengingatnya dalam keramaian yang lebih baik darinya, bila ia mendekatiku sejengkal, maka Aku akan mendekatinya sehasta”.[4]

A.      Ayat 153

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ (153)


[1] Abu Laits Ats Samarqandi, Tafsir Bahrul Ulum, juz 1 hal 104
[2]  Muhammad Sayid At Thantawi, Tafsir Al Wasith Lil Qur’an Nil Karim, ( Kairo: Darun Nahdhah Linnasyr Wa Tauzi’, Juz 1 Tahun 1997 ) hal 309
[3] Sayid Qutub w 1385 H, Fi Dzilalil Qur’an, (Kairo: Darus Syuruq thn 1412 H) juz 1 hal 140
[4] Muhammad Rasyid Ridha w 1354 H, Tafsir Al Qur’an Al Hakim, ( Mesir: Al Hai’ah Ammah Lil Kitab, 1990) juz 1 hal 26

Kamis, 02 Mei 2013

FIKIH: Keutamaan Wudhu


Keutamaan Berwudhu 

Wudhu secara Bahasa berarti Al Hasan ( baik ) dan An Nadzafah ( kebersihan), secara istilah berarti: taharah dengan menggunakan air, pada anggota badan tertentu dan tata cara tertentu.



Menurut Sayid Sabik dlm Fikih Sunnah:
                 طهارة مائية تتعلق بالوجه واليدين والرأس والرجلين
“ Taharah air berhubungan dgn wajah, kedua tangan, kepala & kedua kaki” ( Fikih Sunnah 1/41)


Secara lahiriyah wudhu seolah hanya sebatas aktifitas membasuh anggota wudhu dan mengusap saja, namun sebenarnya ada banyak sekali keutamaan dan rahasia yang terdapat dalam aktifitas wudhu. itulah hikmah ilahiyah dalam ibadah yang telah diajarkan oleh Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam.
 Diantara keutamaan dan hikmah dari berwudhu adalah sebagai berikut:

1. Diangkat Derajat & Dihapus Kesalahan

 - ألا أدلكم على ما يمحو الله به الخطايا و يرفع به الدرجات ؟ إسباغ الوضوء على المكاره ، و كثرة الخطا إلى المساجد ، و انتظار الصلاة بعد الصلاة ، فذلكم الرباط ، فذلكم الرباط ، فذلكم الرباط الراوي: أبو هريرة المحدث: الألباني - المصدر: صحيح الجامع – 
الصفحة أو الرقم: 2618 “

 Tidakkah kalian mau aku tunjukkan amalan yang dapat menghapus kesalahan dan mengangkat derajat? “ Menyempurnakan wudhu, banyaknya langkah ke Masjid, menunggu-nunggu waktu Shalat, Itulah ribath, itulah ribath, itulah ribath.

2. Dosa-Dosa Keluar Bersama Tetesan Air Wudhu

 إذا توضأ العبد المسلم ( أو المؤمن ) فغسل وجهه ، خرج من وجهه كل خطيئة نظر إليها بعينيه مع الماء ( أو مع آخر قطر الماء ) فإذا غسل يديه خرج من يديه كل خطيئة كان بطشتها يداه مع الماء ( أو مع آخر قطر الماء ) فإذا غسل رجليه خرجت كل خطيئة مشتها رجلاه مع الماء ( أو مع آخر قطر الماء ) حتى يخرج نقيا من الذنوب . الراوي: أبو هريرة المحدث: مسلم - المصدر: صحيح مسلم - الصفحة أو الرقم: 244 

Bila Seorang hamba muslim atau mukmin berwudhu lalu membasuh muka, maka keluarlah setiap dosa /dosa yang dilihat oleh matanya bersama air atau tetesan terakhir air, apabila ia membasuh kedua tangannya maka keluar setiap dosa/kesalahan yang diperbuat tangannya bersama air atau bersama tetesan terakhir air, apabila ia membasuh kaki, maka akan keluar kesalahan yang pernah dilakukan oleh kakinya bersama air wudhu atau tetesan terakhir air hingga ia keluar bersih dari dosa. ( HR. Muslim)

3. Bercahaya Pada Hari Kiamat

 إني سمعت النبي صلى الله عليه وسلم يقول : إن أمتي يدعون يوم القيامة غرا محجلين من آثار الوضوء ، فمن استطاع منكم أن يطيل 
 غرته فليفعل . الراوي: أبو هريرة المحدث: البخاري - المصدر: صحيح البخاري – الصفحة أو الرقم: 136

“ Aku mendengar Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda: “ Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat bercahaya karena pengaruh wudhu, barangsiapa yang dapat memperpanjang cahayanya maka lakukanlah.HR. Bukhari no. 136

 4. Masuk Melalui Pintu Surga Yang Dikehendaki

 ما منكم من أحد يتوضأ ، فيسبغ الوضوء ، ثم يقول حين يفرغ من وضوئه : أشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له ، وأن محمد عبده و رسوله ، إلا فتحت له أبواب الجنة .الثمانية ، يدخل من أيها شاء الراوي: عقبة بن عامر المحدث: الألباني - المصدر: صحيح الجامع – 
صفحة أو الرقم: 5802
 “ Barangsiapa yang berwudhu kemudian membaca doa setelahnya: Asyhadu an la ilaha illallah wahdahu lasyarikalah wa asyhadu anna Muhammadan abduhu wa rasuluh”. Kecuali Allah akan bukakan untuknya pintu surga yang 8, ia akan masuk dari pintu sesukanya”. Shahihul Jami’

Kamis, 18 April 2013

Tafsir Al Qur'an


Riwayat Perpindahan Kiblat
 

Surat Al Baqarah: 142-144

سَيَقُولُ السُّفَهَاءُ مِنَ النَّاسِ مَا وَلَّاهُمْ عَنْ قِبْلَتِهِمُ الَّتِي كَانُوا عَلَيْهَا قُلْ لِلَّهِ الْمَشْرِقُ وَالْمَغْرِبُ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ (142) وَكَذَلِكَ جَعَلْنَاكُمْ أُمَّةً وَسَطًا لِتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ وَيَكُونَ الرَّسُولُ عَلَيْكُمْ شَهِيدًا وَمَا جَعَلْنَا الْقِبْلَةَ الَّتِي كُنْتَ عَلَيْهَا إِلَّا لِنَعْلَمَ مَنْ يَتَّبِعُ الرَّسُولَ مِمَّنْ يَنْقَلِبُ عَلَى عَقِبَيْهِ وَإِنْ كَانَتْ لَكَبِيرَةً إِلَّا عَلَى الَّذِينَ هَدَى اللَّهُ وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُضِيعَ إِيمَانَكُمْ إِنَّ اللَّهَ بِالنَّاسِ لَرَءُوفٌ رَحِيمٌ (143) قَدْ نَرَى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِي السَّمَاءِ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَاهَا فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوا وُجُوهَكُمْ شَطْرَهُ وَإِنَّ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ لَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّهِمْ وَمَا اللَّهُ بِغَافِلٍ عَمَّا يَعْمَلُونَ (144)
Kandungan Ayat:
1.      Ayat 142

سَيَقُولُ السُّفَهَاءُ مِنَ النَّاسِ مَا وَلَّاهُمْ عَنْ قِبْلَتِهِمُ الَّتِي كَانُوا عَلَيْهَا قُلْ لِلَّهِ الْمَشْرِقُ وَالْمَغْرِبُ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ (142)

142. Orang-orang yang kurang akalnya diantara manusia akan berkata: "Apakah yang memalingkan mereka (umat Islam) dari kiblatnya (Baitul Maqdis) yang dahulu mereka telah berkiblat kepadanya?" Katakanlah: "Kepunyaan Allah-lah timur dan barat; Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya ke jalan yang lurus

·         Makna   السفهاء    = Kurang akal, bodoh; dalam ayat ini menunjuk kepada kaum Yahudi dan Munafik karena mereka jahil ( bodoh ) dalam kebenaran ( Tafsir At Thabari 3/129 ) sedangkan Ibnu Katsir menambahkan bahwa Sufaha yanh dimaksud alam ayat adalah untuk kaum musyrikin Arab ( Tafsir Ibnu Katsir, 1/452)
·         Menurut Syekh Muhammad  Rasyid Ridha: Para nabi dari kalangan Bani Israil menyembah Allah menghadap ke Baitul Maqdis begitu pula kaum muslimin sebelum turun perubahan arah kiblat. Sehingga peristiwa perubahan arah kiblat ini membuat heran kaum musyrikin, munafikin dan orang-orang yang tidak faham dengan kebenaran. Sebab arah ke Baitul Maqdis merupakan ajaran nabi-nabi mereka terdahulu.
·         Firman Allah:

قُلْ لِلَّهِ الْمَشْرِقُ وَالْمَغْرِبُ
“ Katakanlah kepunyaan Allah lah Timur dan Barat…
إِنَّ الْجِهَاتِ كُلَّهَا لِلَّهِ تَعَالَى لَا فَضْلَ لِجِهَةٍ مِنْهَا بِذَاتِهَا عَلَى جِهَةٍ، وَإِنَّ لِلَّهِ أَنْ يُخَصِّصَ مِنْهَا مَا شَاءَ فَيَجْعَلُهُ قِبْلَةً لِمَنْ يَشَاءُ، وَهُوَ الَّذِي (يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ) وَهُوَ صِرَاطُ الِاعْتِدَالِ فِي الْأَفْكَارِ وَالْأَخْلَاقِ وَالْأَعْمَالِ. وَأَنَّ الْعِبْرَةَ فِي التَّوَجُّهِ إِلَيْهِ سُبْحَانَهُ بِالْقُلُوبِ، وَاتِّبَاعِ وَحْيِهِ فِي تَوَجُّهِ الْوُجُوهِ.

“ Semua arah adalah milik Allah, Tidak ada kelebihan secara dzat antara
satu arah dan lainnya, atas kehendak Allahlah untuk mengkhususkan dan menjadikan kiblat bagi siapa saja yang dikehendaki-Nya. Karena Dialah yang menunjukkan siapa saja yang dikehendakinya ke jalan yang lurus. Yaitu kearah jalan yang seimbang, dalam pemikiran, akhlak, amal perbuatan.  Hikmahn ya adalah pada ketaatan untuk merubah arah dengan ketajaman hati, menaati wahyu –Nya dengan sepenuh hati”. (Muhammad Rasyid Ridha,  Tafsir Al Manar , ( Mesir, Haiah Ammah Lil Kutub: 2/4 )

§  Hidayah Allah Harus Dicari, Bukan Menyerah Begitu Saja

يَهْدِي مَنْ يَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ
Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya ke jalan yang lurus”



Imam As Sa’di mengatakan terkait dengan ayat ini [1]:
والمطلق يحمل على المقيد، فإن الهداية والضلال، لهما أسباب أوجبتها حكمة الله وعدله، وقد أخبر في غير موضع من كتابه بأسباب الهداية، التي إذا أتى بها العبد حصل له الهدى كما قال تعالى: {يَهْدِي بِهِ اللَّهُ مَنِ اتَّبَعَ رِضْوَانَهُ سُبُلَ السَّلامِ} ذكر في هذه الآية السبب الموجب لهداية هذه الأمة مطلقا بجميع أنواع الهداية
                “ Makna mutlaq dalam ayat ini menunjuk maksud tertentu ( Muqayyad ) . maksudnya adalah Allahlah yang memberikan petunjuk dan kesesatan. Namun masing-masing diantaranya memiliki sebab yang telah digariskan secara adil oleh Allah. Di ayat lain Allah menerangkan tentang sebab-sebab hidayah, bila seseorang melakukannya maka hidayah akad diraihnya.  Seperti firman Allah dalam Surat Al Maidah: 16:
يَهْدِي بِهِ اللَّهُ مَنِ اتَّبَعَ رِضْوَانَهُ سُبُلَ السَّلامِ
“Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan”

2.      Ayat 143

وَكَذَلِكَ جَعَلْنَاكُمْ أُمَّةً وَسَطًا لِتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ وَيَكُونَ الرَّسُولُ عَلَيْكُمْ شَهِيدًا وَمَا جَعَلْنَا الْقِبْلَةَ الَّتِي كُنْتَ عَلَيْهَا إِلَّا لِنَعْلَمَ مَنْ يَتَّبِعُ الرَّسُولَ مِمَّنْ يَنْقَلِبُ عَلَى عَقِبَيْهِ وَإِنْ كَانَتْ لَكَبِيرَةً إِلَّا عَلَى الَّذِينَ هَدَى اللَّهُ وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُضِيعَ إِيمَانَكُمْ إِنَّ اللَّهَ بِالنَّاسِ لَرَءُوفٌ رَحِيمٌ (143)
143. Dan demikian (pula) Kami telah menjadikan kamu (umat Islam), umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu. Dan Kami tidak menetapkan kiblat yang menjadi kiblatmu (sekarang) melainkan agar Kami mengetahui (supaya nyata) siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang membelot. Dan sungguh (pemindahan kiblat) itu terasa amat berat, kecuali bagi orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah; dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu. Sesungguhnya Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang kepada manusia.
·         وَكَذَلِكَ جَعَلْنَاكُمْ أُمَّةً وَسَطًا لِتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ
·         Maksud dari Ummatan wasathan,  adalah: Adlan ( adil ) dan khiyaran  ( terpilih ) [2]
·         Menurut Syekh Mutawali As Sya’rawi yang dimaksud dengan Ummatan Wasathan adalah: وسط في الإيمان والعقيدة ( Pertengahan dalam Iman dan akidah )
Karena ada kaum yang mengingkari adanya Allah yang Maha Pencipta dan ada kaum yang memiliki banyak sesembahan, sedangkan umat Islam meyakini bahwa Allah yang Maha Pencipta dan pengatur ciptaan-Nya, seandainya sesembahan dibolehkan banyak,  maka setiap orang berhak memiliki sesembahan sendiri-sendiri.[3]
·         Manusia menjadi saksi atas sesame manusia yang lain
Seperti yang disebutkan didalam tafsir Ibnu Katsir:

·       عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، قَالَ: شَهِدَ رسولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جِنَازَةً، فِي بَنِي سَلِمَةَ، وَكُنْتُ إِلَى جَانِبِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ بَعْضُهُمْ: وَاللَّهِ -يَا رسولَ اللَّهِ -لَنِعْمَ المرءُ كَانَ، لَقَدْ كَانَ عَفِيفًا مُسْلِمًا وَكَانَ ... وَأَثْنَوْا عَلَيْهِ خَيْرًا. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "أَنْتَ بِمَا تَقُولُ". فَقَالَ الرَّجُلُ: اللَّهُ أَعْلَمُ بِالسَّرَائِرِ، فَأَمَّا الذِي بَدَا لَنَا مِنْهُ فَذَاكَ. فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "وَجَبَتْ". ثُمَّ شَهِد جِنَازَةً فِي بَنِي حَارِثة، وكنتُ إِلَى جَانِبِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ بَعْضُهُمْ: يَا رسولَ اللَّهِ، بِئْسَ المرءُ كَانَ، إِنْ كَانَ لفَظّاً غَلِيظًا، فَأَثْنَوْا عَلَيْهِ شَرًّا فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِبَعْضِهِمْ: "أَنْتَ بِالذِي تَقُولُ". فَقَالَ الرَّجُلُ: اللَّهُ أَعْلَمُ بِالسَّرَائِرِ، فَأَمَّا الذِي بَدَا لَنَا مِنْهُ فَذَاكَ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "وَجَبَتْ".
“ Dari Jabir Bin Abdillah berkata: “ Rasulullah Shalallohu Alaihi Wasallam menyaksikan jenazah di Bani Salamah dan aku berada disamping beliau. Sebagian mereka berkata: “Demi Allah ya Rasulullah, dia adalah orang baik semasa hidupnya dan muslim yang menjaga diri, mereka pun memuji kebaikannya, kemudian Rasulullah bertanya kepada seseorang: “ Bagaimana pendapatmu?” lelaki itu menjawab: “ Allah Maha Mengetahui yang tersembunyi, namun apa yang terlihat oleh kami seperti itulah”. Kemudian Rasulullah berkata: “ wajabat  ( baginya semua itu). Kemudian Rasulullah SAW menyaksikan jenazah di Bani Haritsah,  aku masih berada disis beliau, sebagian mereka berkata: “  Ya Rasul lelaki ini semasa hidupnya buruk perangai dan ucapanya kasar”. Mereka menyaksikan bahwa laki-laki itu buruk, lalu Rasulullah berkata kepada sebagian yang lain. “ Bagaimana pendapat kalian. Kemudian seseorang berkata: “Allah Maha Mengetahui  yang tersembunyi, namun yang tampak oleh kami seperti itulah, lalu Rasulullah berkata: “ Wajabat” ( baginya semua itu ). HR. Al Hakim dalam Al Mustadrak  ( 2/268) dan Ibnu Mardawaih.   Al Hakim mengatakan ini hadits Shahih namun beliau belum mentakhrijnya.
·         Hal senada dengan hadits diatas adalah atsar yang dilakukan oleh Umar Bin Khattab Radhiyallahu Anhu, seperti dinukil oleh Imam Ibnu Katsir: [4]
وَقَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ مُحَمَّدٍ، حَدَّثَنَا دَاوُدُ بْنُ أَبِي الْفُرَاتِ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُريدة، عَنْ أَبِي الْأَسْوَدِ أَنَّهُ قَالَ: أتيتُ الْمَدِينَةَ فَوَافَقْتُهَا، وَقَدْ وَقَعَ بِهَا مَرَضٌ، فَهُمْ يَمُوتُونَ مَوْتًا ذَريعاً. فَجَلَسْتُ إِلَى عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ، فَمَرَّتْ بِهِ جِنَازَةٌ، فَأثْنِيَ عَلَى صَاحِبِهَا خَيْرٌ. فَقَالَ: وَجَبَتْ وجَبَت. ثُمَّ مُرّ بِأُخْرَى فَأُثْنِيَ عَلَيْهَا شرٌّ، فَقَالَ عُمَرُ: وَجَبَتْ [وَجَبَتْ] . فَقَالَ أَبُو الْأَسْوَدِ: مَا وَجَبَتْ يَا أَمِيرَ الْمُؤْمِنِينَ؟ قَالَ: قُلْتُ كَمَا قَالَ رسولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "أَيُّمَا مُسْلِمٍ شَهِد لَهُ أَرْبَعَةٌ بِخَيْرٍ أَدْخَلَهُ اللَّهُ الْجَنَّةَ". قَالَ: فَقُلْنَا. وَثَلَاثَةٌ؟ قَالَ: "وَثَلَاثَةٌ". قَالَ، فَقُلْنَا: وَاثْنَانِ؟ قَالَ: "وَاثْنَانِ" ثُمَّ لَمْ نَسْأَلْهُ عَنِ الْوَاحِدِ.
وَكَذَا رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ، وَالتِّرْمِذِيُّ، وَالنَّسَائِيُّ مِنْ حَدِيثِ دَاوُدَ بْنِ أَبِي الْفُرَاتِ، بِهِ  .
“ Berkata Imam Ahmad, Telah bercerita kepada kami Yunus Bin Muhammad, Telah bercerita kepada kami Daud Bin Ubay Al Furat, dari Abdullah Bin Buraidah dari Abi Al Aswad, ia berkata: “Aku mendatangi penduduk di Madinah yang kebetulan sakit, kemudian mereka meninggal karenanya, lalu aku duduk disisi Umar Bin Khatab, beberapa saat kemudian lewat dihadapanku jenazah, aku memuji dengan kebaikan jenazah itu, Umar berkata, wajabat, wajabat. Kemudian lewat jenazah yang lain dan aku mengetahui bahwa jenazah itu buruk , Umar berkata: “Wajabat, wajabat ( baginya semua itu ) berkata Abu Al Aswad: “Apakah wajabat itu wahai Amirul Mukminin?, beliau menjawab: “ Aku berkata seperti apa yang Rasulullah katakana.”Tidaklah seorang muslim disaksikan baik oleh 4 orang, maka Allah akan memasukkannya ke surga”. Kami berkata: “ Bagaimana jika tiga”. Umar berkata: “ ya tiga”. Kami berkata: “ bagaimana jika dua orang”. Umar berkata; “ Ya dua orang” lalu kami tidak bertanya bila yang menyaksikan satu orang. ( HR. Bukhari, Tirmidzi dan Nasai dari hadits Daud Bin Abi Al Furat.


                                                        
3.  Ayat 144
قَدْ نَرَى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِي السَّمَاءِ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَاهَا فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوا وُجُوهَكُمْ شَطْرَهُ وَإِنَّ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ لَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّهِمْ وَمَا اللَّهُ بِغَافِلٍ عَمَّا يَعْمَلُونَ (144)
144. Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.
·         Perpindahan arah kiblat
·       قَالَ الْبُخَارِيُّ: حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيم، سَمِعَ زُهَيراً، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنِ الْبَرَاءِ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ؛ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى إِلَى بَيْتِ (2) الْمَقْدِسِ ستَّة عَشَرَ شَهْرًا أَوْ سَبْعَةَ عَشَرَ شَهْرًا، وَكَانَ يُعْجِبُهُ أَنْ تَكُونَ قِبْلَتُهُ قِبَلَ الْبَيْتِ، وَأَنَّهُ صَلَّى أَوَّلَ صَلَاةٍ صَلَاهَا، صَلَاةَ الْعَصْرِ، وَصَلَّى مَعَهُ قَوْمٌ. فَخَرَجَ رَجُلٌ (3) مِمَّنْ كَانَ صَلَّى مَعَهُ، فَمَرَّ عَلَى أَهْلِ الْمَسْجِدِ وَهُمْ رَاكِعُونَ، فَقَالَ: أَشْهَدُ بِاللَّهِ لَقَدْ صليتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قبَل مَكَّةَ، فدارُوا كَمَا هُمْ قَبِلَ الْبَيْتِ. وَكَانَ الذِي مَاتَ عَلَى الْقِبْلَةِ قَبْلَ أَنْ تُحَوّل قِبَلَ الْبَيْتِ رِجَالًا قُتِلُوا لَمْ نَدْرِ مَا نَقُولُ فِيهِمْ، فَأَنْزَلَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ {وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيُضِيعَ إِيمَانَكُمْ إِنَّ اللَّهَ بِالنَّاسِ لَرَءُوفٌ رَحِيمٌ}






[1] Abdurrahman Bin Nashir As Sa’di 1376 H, Taysir Karimir Rahman Fi Tafsir Kalamil Manan,( Beirut: Muasasah Ar Risalah, 1420H ) Juz 1 Hal 70
[2] Lihat Tafsir As Sa’di juz 1 hal 70.
[3] Syekh Mutawalli As Sya’rawi, Tasfir As Sya’rawi, ( Mesir: Akhbarul Yaum, 1997 ) juz 1 hal 626
[4]  Abul Fida Ismail Bin Umar Bin Katsir Al Qurosy w 774 H, Tafsir Al Qur’an Al Adzhim, ( Darut Taybah, 1420H ) Juz 1 hal 456