Jumat, 07 Agustus 2015

AGAR ILMU BERMANFAAT



Betapa mulianya ilmu, sehingga Allah menyebut perintah khusus untuk menambah ilmu didalam Al Quran, sungguh tiada perintah Allah didalam Al Qur’an kecuali untuk menambah keilmuan dalam diri.  Seperti disebutkan dalam firman Allah:

﴿ وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا
“ Ya Tuhanku tambahkanlah ilmu kepadaku” ( Taha:114 )
Di dunia terkadang manusia membeda-bedakan kedudukan orang, yang kaya merendahkan yang miskin dan sebaliknya namun orang yang berilmu begitu mulia disisi Allah, sehingga keduanya jelas berbeda.  
﴿ قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ
Katakanlah apakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui.. ( Az Zumar:9 )
Paling tidak ada 4 ciri bahwa ilmu bermanfaat:
1.      Ilmu yang menambah rasa takut kepada Allah
Seseorang yang berilmu hendaklah ilmunya menambah rasa takut kepada Allah, semakin berilmu maka semakin ia takut kepada Allah bukan semakin sombong. Kita sering mendengar tentang ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk. Seorang manusia tak layak untuk membagakan keilmuannya, karena pada dasarnya ilmu yang dimiliki oleh manusia adalah sedikit.
Firman Allah:
وما أوتيتم من العلم إلا قليلا
 Sedangkan kamu diberi pengetahuan hanya sedikit ( Al Isra: 85 )
Lalu, pantaskah hanya dengan ilmu yang sedikit itu kita sombong kepada Allah?
2.      Ilmu yang menambah pengetahuanmu akan aib dan kekuranganmu
Seseorang yang ilmunya bermanfaat ia akan mengetahui bahwa semakin ia berilmu maka semakin ia tahu akan kekurangannya. Imam Syafi’i Rahimahullah mengatakan,” Semakin aku mengetahui ilmu, semakin aku tahu akan kekuranganku. Itulah pencari ilmu sejati, tak sombong kala berilmu, tak congkak kala berpengetahuan.

3.      Ilmu yang tidak melalaikanmu dari akherat
Ilmu dunia boleh diambil dan dipelajari, namun ilmu akherat lebih utama. Salah satu cirri ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang mendekatkan kepada akherat.
4.      Ilmu yang dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari