Jumat, 05 Agustus 2016

Janji Allah Kepada Kaum Muslimin


Al Quran banyak sekali menyebutkan tentang janji Allah kepada makhluknya. Janji yang pasti terjadi karena Allah tak akan Pungkiri janji-Nya, berbeda dengan makhluk, dengan kadar iman yang bertambah dan kadang pula berkurang.
Diantara janji Allah kepada orang-orang yang beriman, adalah sebagai berikut:

1.      Muslim akan memimpin dunia

Islam akan menjadi pemimpin dunia, sesuai dengan data yang dirilis. Jumlah penduduk dunia (2013) adalah 7.021.836.029. Rincian menurut agama-agama adalah: Islam 22.43%, Kristen Katolik 16.83%, Kristen Protestan 6.08%, Orthodok 4.03%, Anglikan 1.26%, Hindu 13.78%, Buddhist 7.13%, Sikh 0.36%, Jewish 0.21%, Baha’i 0.11%, Lainnya 11.17%, Non Agama 9.42%, dan Atheists 2.04% (www.30 days.net) dan prediksi populasi muslim akan terus bertambah terutama di 5 negara besar di dunia yaitu: ( India, Inggris, Rusia, Kanada,  China)
Allah menyebutkan,
﴿ وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُم فِي الْأَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ ﴾
Allah telah menjanjikankepada orang-orang yang beriman dan berama shalih diantara kalian, Allah akan menjadikan mereka berkuasa di bumi seperti telah menjadikanorang-orang sebelum mereka berkuasa… (QS. An Nur: 55)

Ibnu Katsir menyebutkan:

بِأَنَّهُ سَيَجْعَلُ أُمَّتَهُ خُلَفَاءَ الْأَرْضِ، أَيْ: أئمةَ النَّاسِ والولاةَ عَلَيْهِمْ، وَبِهِمْ تَصْلُحُ  الْبِلَادُ، وَتَخْضَعُ  لَهُمُ الْعِبَادُ
“Allah akan menjadikan umatnya khalifah di muka bumi, yaitu pemimpin manusia, dan pelayan umat, karena merekalah akan baik kondisi umat dan tunduknya hamba kepada Allah ( Tafsir Ibnu Katsir, 6/77)

2.      Muslim akan di tolong Allah
﴿ إِنَّا لَنَنصُرُ رُسُلَنَا وَالَّذِينَ آمَنُوا فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ﴾
“Sesungguhnya Kami menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia” (QS. Ghafir:51)
Saat Allah sudah berjanji untuk menolong para rasul-Nya dan orang-orang yang beriman seharusnya menumbuhkan keyakinan semakin besara akan pertolongan Allah dan dukungan-Nya saat kita sedang bersedih dan ditimpa kesulitan. Bahwa benar adanya janji Allah tersebut.

3.      Muslim akan diampuni Allah

Firman Allah:
وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَأَجْرٌ عَظِيمٌ
“Allah telah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan beramal shalih bahwa untuk mereka ampunan dan pahala yang besar. (QS. Al Maidah:9)

4.      Muslim akan masuk syurga

وَبَشِّرِ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ كُلَّمَا رُزِقُوا مِنْهَا مِنْ ثَمَرَةٍ رِزْقًا قَالُوا هَذَا الَّذِي رُزِقْنَا مِنْ قَبْلُ وَأُتُوا بِهِ مُتَشَابِهًا وَلَهُمْ فِيهَا أَزْوَاجٌ مُطَهَّرَةٌ وَهُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

 Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu". Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya. (QS Al Baqarah:25)

5.      Kiamat adalah benar adanya

Firman Allah:
﴿ لِيَعْلَمُوا أَنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ وَأَنَّ السَّاعَةَ لَا رَيْبَ فِيهَا ﴾

Agar mereka tahu bahwa janji Allah adala benar, dan hari kiamat adalah pasti tidak meragukan ( QS Al kahfi:21)