Minggu, 02 Juni 2013

Buku Fikih Prioritas, Kajian Baru Dalam Syariah



 
Merupakan study terbaru dalam kajian Al Qur’an dan Sunnah karya ulama kondang Syekh DR. Yusuf Al Qaradhawi-hafidhahullah-  yang dikemas secara cermat, akurat, komprehensif serta moderat dibidangnya. Masalah-masalah kontemporer yang mulai populer sekitar tahun 80-an tak lepas dari sorotan buku ini.
Dasarnya ialah bahwa sesungguhnya nilai, hukum, pelaksanaan dan pemberian beban kewajiban menurut pandangan agama ialah berbeda-beda satu dengan lainnya. mulanya tidak berada pada satu tingkat. Ada yang besar dan ada pula yang kecil; ada yang pokok dan ada pula yang cabang; ada yang berbentuk rukun dan ada pula yang hanya sekadar pelengkap; ada persoalan yang menduduki tempat utama (esensi) tetapi ada pula yang hanya merupakan persoalan kecil; ada yang tinggi dan ada yang rendah; serta ada yang utama dan ada pula yang tidak utama. Persoalan seperti itu telah dijelaskan di dalam nash al-Qur'an.

“Sebagaimana difirmankan Allah SWT:

 "Apakah orang-orang yang memberi minuman kepada orang-orang yang mengerjakan ibadah haji dan mengurus Masjid al-Haram, kamu samakan dengan orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian serta berjihad di jalan Allah? Mereka tidak sama di sisi Allah; dan Allah tidak memberikan petunjuk kepada kaum Muslim yang zalim. Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta benda dan diri mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah; dan itulah orang-orang yang mendapat kemenangan.
" (At-Taubah: 19-20)

 
 Tema-tema yang dibahas dalam buku ini diantaranya:

·         Proiritas kualitas dari kuantitas
·         Prioritas ilmu atas amal
·         Prioritas pemahaman atas hafalan
·         Prioritas tujuan dari penampilan luar
·         Prioritas ijtihad atas taklid
·         Prioritas masalah –masalah ringan dari masalah berat
·         Prioritas amalan hati dari amalan badan
·         Prioritas fardhu atas perkara yang sunnah
·         Prioritas masalah pokok dari masalah furu’ ( cabang )
·         Prioritas perbaikan diri sebelum orang lain ( sistem ) dll.

Sudah selayaknya bagi siapa saja yang hendak memiliki pemahaman komprehensif agar membaca buku ini.
Permasalahannya adalah kita tidak mau membaca, dan bila membaca pun tidak memahami dan bila paham tidak mau mengamalkan. Semoga kita terhindar dari hal tersebut. Wallahu a’lam

Selamat membaca