Senin, 24 Agustus 2015

Inilah 5 Karya Ridwan Kamil Di Luar Negeri

Indonesia ternyata punya beberapa tokoh walikota yang inspiratif, salah satunya sosok muda dari Bandung yang bernama Ridwan Kamil. Selama ini, sosok Ridwan Kamil dikenal oleh warga Bandung sebagai seorang arsitek lulusan ITB yang melanjutkan studi S2-nya di jurusan Urban Design di University of California, Berkeley, Amerika Serikat. Beliau telah banyak berkarya dalam bidangnya.

Museum Tsunami di Aceh adalah salah satu karyanya. Ada juga arsitektur Masjid Al-Irsyad yang sangat indah di pinggiran kota Bandung, dan masih banyak lagi. Tak hanya di dalam negeri, Ridwan Kamil juga telah menelurkan beberapa karya di luar negeri. Untuk karya Ridwan Kamil sendiri ada lebih dari 40 rancangan di luar negeri, baik secara pribadi, maupun bersama dengan tim Urbane jasa  konsultan perencanaan, arsitektur, dan desain yang didirikannya.

Beberapa karya Ridwan Kamil di luar negeri dihasilkan ketika masih bekerja di Amerika. Umumnya, proyek di luar negeri berupa pengembangan kawasan perkotaan. Karya arsitektur Ridwan Kamil di luar negeri dihasilkan dari pengalaman bekerja di konsultan arsitek dan desain ternama di Amerika Serikat.

Dari sekian banyak karyanya bersama tim Urbane di luar negeri, berikut ini 6 diantaranya yang mungkin belum banyak diketahui
 :

1. Marina Bay Waterfront Master Plan Singapore



Inilah karya Ridwan Kamil di luar negeri, lebih tepatnya di negeri singa Sinagapura, pembuatan rancangan Master Plan untuk Marina Bay Waterfront.

2. Ras Al Kaimah Waterfront Master Plan


Salah satu karya Ridwan Kamil di Timur Tengah, tepatnya Uni Emirat Arab.

3. Grand Tourism Community Club House Calcutta

Grand Tourism Community Club House ini adalah salah satu karya Ridwan Kamil di Calcutta India. Kalkuta merupakan salah satu kota pelabuhan penting di India yang merupakan ibu kota Benggala Barat.

4. Suzhou Retail Waterfront Masterplan China


Pembuatan rancangan Suzhou Retail Waterfront di China.

5. Masjid Beijing Islamic Centre

Salah satu karya arsitektur religi Ridwan Kamil di luar negeri adalah Masjid Beijing Islamic Center.

6. Tech Park Kunming


Area industri teknologi di daerah Kunming, China.


Melihat hasil karya-karyanya, bukan hanya warga Bandung yang merasa bangga dengan Ridwan Kamil namun Indonesia juga perlu bangga memiliki putra bangsa yang berprestasi. (*)