Rabu, 13 April 2016

Seorang Istri Bermimpi Suaminya Selingkuh

Assalamualaikum ustad

Saya seorang istri, suatu malam saya bermimpi melihat suami saya selingkuh dengan wanita lain, berhari-hari saya kepikiran terus, apakah makna mimpi saya itu benar?

 
Jawaban

Imam Ibnu Hajar Al Atsqalani menyebutkan bahwa mimpi ada 3 jenis

  • Mimpi Para Nabi (Mimpinya para nabi adalah wahyu dari Allah, mimpi mereka adalah benar menunjukkan ke Esaan Allah).
  • Mimpi Orang Shalih (Mayoritas mimpinya benar, meskipun ada yang perlu di takwilkan)
  • Orang biasa (Mimpi mereka bisa benar dan bisa salah).( Fathul Bari, 12/362)

Az Zarqani berkata,” Mimpi orang shalih mayoritas benar, namun kadang berasal dari bisikan jiwanya
(Syarh Muwatha, 4/562)

فعن أبي سلمة قال : " لَقَدْ كُنْتُ أَرَى الرُّؤْيَا فَتُمْرِضُنِي، حَتَّى سَمِعْتُ أَبَا قَتَادَةَ، يَقُولُ: وَأَنَا كُنْتُ لَأَرَى الرُّؤْيَا تُمْرِضُنِي، حَتَّى سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «الرُّؤْيَا الحَسَنَةُ مِنَ اللَّهِ، فَإِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ مَا يُحِبُّ فَلاَ يُحَدِّثْ بِهِ إِلَّا مَنْ يُحِبُّ، وَإِذَا رَأَى مَا يَكْرَهُ فَلْيَتَعَوَّذْ بِاللَّهِ مِنْ شَرِّهَا، وَمِنْ شَرِّ الشَّيْطَانِ، وَلْيَتْفِلْ ثَلاَثًا، وَلاَ يُحَدِّثْ بِهَا أَحَدًا، فَإِنَّهَا لَنْ تَضُرَّهُ)

Dari Abu Salamah berkata,” Aku melihat mimpi yang buruk, hingga aku mendengar Abu Qatadah
 berkata,” Aku dahulu pernah bermimpi buruk, hingga aku mendengar Rasulullah bersabda,” Mimpi
yang baik berasal dari Allah,  jika salah seorang diantara kalian melihat sesuatu yang menyenangkan didalam mimpi, maka ceritakanlah, jika melihat sesuatu yang dibenci didalam mimpi maka berlindunglah kepada Allah dari keburukan syetan sebanyak tiga kali, dan jangan ceritakan kepada siapapun, karena tidak membahayakan ( HR. Bukhari, 7044,  HR. Muslim, 6040)

Dari hadits diatas dapat diambil pelajaran:
  • Berdoa sebelum tidur
  • Mimpi baik berasal dari ALlah
  • Mimpi buruk berasal dari syetan
  • Jika mimpi baik maka boleh diceritakan
  • Jika mimpi buruk, jangan diceritakan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar