Rabu, 17 April 2013

Aku Dan Aktifitasku

Bersama Anakku, Aima
Namaku Fauzan Sugiyono, aku terlahir dari keluarga Jawa tepatnya Kebumen Jawa Tengah, 17 Januari 1979. Namun Pada tahun itupula ayah dan ibuku pindah ke Lampung.  Ayahku bernama: Suwandi Bin Ahmad Idris dan Ibuku bernama: Almini Binti Mad Rokhim.Semoga Allah berkahi usia keduanya.. Amin.
Segala Puji bagi Allah yang telah memberiku Istri yang shalihah yaitu drg. Rizky Andriani Alimy. darinya terlahir dua bidadari cerdas, cantik dan shalihah: Nawa Mukhbita ( Nawa ) dan Nuaima Mazaya( Aima ). Semoga mereka menjadi penyejuk pandangan mata kedua ortunya dunia dan akherat.

Pendidikanku berawal dari SDN 3 di desaku Tanjung Kesuma, Kecamatan Purbolinggi Kabupaten Lampung Timur.aku kemudian melanjutkan sekolah di SMPN 1 Purbolinggo dan SMUN1 Purbolinggo di kecamatan yang sama.
Selepas SMA aku tidak langsung melanjutkan ke jenjang kuliah, jujur aku sangat ingin meneruskan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi pada saat itu, namun apa daya ortu-ku sebagai petani, tidak mampu membiayaiku. awal mula aku agak berontak dengan keterbatasan finansial ayang aku miliki, dengan tidak bermaksud membesarkan prestasi, aku tercatat meraih rangking 1 dari kelas 1 sampa 6 SD, belum pernah terkalahkan. bahkan di SMP dan SMA aku termasuk pelajara aktif dan menduduki 3 besar di kelasku,  sehingga kuliah merupakan pilihan pertama saat itu.
Namun karena kondisi keluarga, akhirnya aku mengambil inisiatif untuk kursus menjahit pakaian pria yang memang sangat banyak di desaku. maka singkat cerita keahlian itulah yang membawaku untuk membuka mataku lebar-lebar menambah wawasan ilmu yang lebih luas.
Pada tahun 1998 aku selesai dari kursus tersebut dan memiliki keahlian membuat dan mendesain pakaian pria, akupun sempat bekerja sebagai tukang jahit di pabrik dan tailor. dengan suka duka yang dirasakan. diomelin bos, dimarahin, dihina dll. namun itu semua tidak menyurutkan langkahku untuk terus melangkah.
Pada tahun itupula alam fikiranku terbuka dengan memiliki kawan-kawan baru di Tanjung Karang, tempat pertama aku merantau. aku mengenal Islam dengan lebih luas tidak sesempit yang aku fahami dahulu sewaktu di desa. ( aku termasuk penggerak sekaligus ketua remaja islam saat itu, dengan berbagai program untuk memajukan remaja desa tentunya).
Di Tanjung Karang Lampung, aku mulai belajar Bahasa Arab di sebuah Lembaga. Darul Hikmah namanya, dahulu sebagai asrama mahasiswa dari berbagai universitas di Lampung.senang juga berteman dengan para mahasiswa yang kritis dan cerdas.
Akhirnya jalan itu terbuka, seorang kawan dari Jakarta membawa informasi ada sebuah universitas berbahasa Arab yang menggratiskan biaya kuliah bahkan berbeasiswa lagi, tanpa membuang kesempatan aku semakin serius untuk mendalami bahasa Arab.
singkat cerita aku bersama kawan-kawanku berangkat ke Salemba Jakarta untuk mendaftar di LIPIA JAKARTA. namun takdir Allah aku belum diterima.

 Aku kemudian terus belajar bahasa Arab secara gerilya ( maklum tidak pernah di pesantren ) di masjid, kawan, ustadz dll. selama setahun akhirnya masa pendaftaran kedua di LIPIA datanglah. dengan bermodalkan bahasa Arab pas-pasan akhirnya aku diterima di kelas pagi LIPIA I'dad Lughawi alhamdulillah ya Allah segala puji syukur aku haturkan, tidak semua bisa diterima di LIPIA meski banyak diantara pendaftar yang sudah 5 tahun di pesantren tidak lulus tes, saat itu yang mendaftar sekitar 1000 orang sementara yang diterima hanya 60 orang, segala puji bagi Allah aku termasuk yang diterima.
Mulailah aktifitasku sebagai mahasiswa resmi LIPIA JAKARTA, rasa syukur itu aku wujudkan dengan belajar sungguh-sungguh di LIPIA, membaca buku-buku di maktabah, aktif di organisasi kemahasiswaan, beladiri Thifan, Kung Fu dll. hingga masa akhir kuliahku I'dad selesai dilanjutkan ke jenjang Takmily dan Syariah.
Alhammdulillah aku lulus dari LIPIA Jakarta pada tahun 2011 dengan beban dakwah dipundak, dan sekarang aku sedang menempuh S2 di Institut Ilmu-Ilmu Al Qur'an Jakarta, semoga Ilmuku yang setitik bermanfaat bagi umat.

Pekerjaan
  1. Mudir LPPI Al Biruni Kelapa Dua Depok
  2. Pengajar Bahasa Arab di Mahad Darul Jannah Tapos
  3. Penterjemah di penerbit Maktabah Gaza Jaktim.
  4. Pernah bekerja di Qatar Charity tahun 2011
  5. Pernah bekerja di www. salampalestina.com sebagai penterjemah berita 2012
  6. Manager Rumah Sehat Nawa ( Usaha Keluarga bersama istri tercinta )
Aktifitas
  • Pengisi Kajian Tetap Ahad Pagi di Masjid Al Istiqamah Depok Timur materi Tafsir Al Qur'an.
  • Pengisi kajian di beberapa instansi
Facebook
Fauzan Abuna @ yahoo.com

Twitter
 Fauzan Abuna

WEB
www. fauzanabuna.blogspot.com
 

PIN BB
 219DB2C1

Telephon

021- 98902929

Motto

" Setiap Nafas Untuk Kebaikan"





2 komentar:

  1. MAntab blog nya, simple tapi padat


    #Ajarin dong mas cara buatnya

    BalasHapus