Rabu, 01 Februari 2017

Asal Muasal Kata Depok




Ada beberapa perbedaan pendapat terkait dengan  apa makna kata depok dan siapa yang pertama kali mempopulerkannya.  Pendapat-pendapat tersebut adalah:

1.       Depok merupakan akronim (singkatan) dari De Earste Protestante Organisatie van Kristenen.
2.       Depok adalah singkatan dari Deze Emheid Predikt On Kristus
3.       Depok adalah singkatan De Earste Proteatanche Onderdan Kristen
4.       Dewan Ekonomi Orang-orang Kristen (Depok)
5.       Depok berasal dari kata ‘Pa-depok-an” yang artinya tempat belajar dan menimba ilmu.

Pada tahun 1947 J.W De Vrries bekerjasama dengan Fakultas Sastra Universitas Indonesia mengadakan penelitian terhadap orang-orang Kristen Depok. Tujuannya ingin mengetahui sejauh mana penggunaan bahasa Belanda di Depok setelah Indonesia merdeka. Metode yang digunakan adalah wawancara. Namun sayang, yang diwawancarai adalah orang Kristen Depok saja. Sehingga kesimpulannya warga Depok asli adalah Kristen sebagai ahli waris dari Cornelis Chastelein.
Namun kesimpulan itu lemah dari beberapa sisi, yaitu:

1.      Sisi akronim, untuk nama Depok, seharusnya memiliki arti tertentu misal Persatuan Catur Seluruh Indonesia PERCASI, sedang Depok tidak seperti itu.
2.      Ada daerah lain yang menggunakan nama Depok, seperti di Nusa Tenggara, Sumedang, Sleman, Semarang dan lain-lain. Dan itu tidak ada kepanjangannya.
3.      Penggunaan akronim baru dikenal abad -19 sedang kedatangan Chastelein datang abad-16, jelas penggunaan akronim tidaklah lazim.
4.      Pendidikan zaman dulu dinamakan padepokan, karena kebiasaan seorang guru dengan murid-murid duduk bersila melakukan kegiatan belajar mengajar. Sehingga lama-lama dikenal dengan istilah Depok.

Sumber: Jejak Langkah Islam di Depok, MUI 2007