Rabu, 05 Juli 2017

Bagaimanakah Hukum Bersalaman Setelah Shalat Wajib?


Syekh Abdul Aziz bin Baz ditanya tentang hukum bersalaman setelah shalat, seperti tercantum dalam kitab Majmu’ Fatawa Ibn Baz, sebagai berikut:

س: بعض المصلين وبعد أداء تحية المسجد يلتفت ويصافح من على يمينه ومن على شماله، فما حكم ذلك؟ وهل هي سنة؟ جزاكم الله خيرا.
ج: بسم الله والحمد لله. . السنة أن يصافح من عن يمينه وعن شماله إذا فرغ من صلاته، فقد كان النبي صلى الله عليه وسلم إذا التقى بصحابته صافحهم، وكان الصحابة رضوان الله عليهم إذا التقوا تصافحوا، فإذا جاء المصلي إلى المسجد ووصل إلى الصف فليسلم قبل الصلاة، ثم بعد الصلاة يصافح من على يمينه وشماله إذا كان لم يصافحهم قبل الصلاة لما في ذلك من التأسي بالنبي
Pertanyaan:

Sebagian orang yang shalat, dan setelah melaksanakan shalat Tahiyatul Masjid ia menoleh kekanan dan bersalaman dengan orang yang ada dikanan dan kirinya, apakah hukumnya?apakah termasuk sunnah? Jazakumullah khairan.

Jawaban:

Bismillah, Wal hamdulillah, SUNNAH hukumnya bersalaman dengan orang yang berada di kanan dan kiri setelah shalat. Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam ketika bertemu dengan para sahabatnya bersalaman dengan mereka, ketika para sahabat bertemu, mereka juga bersalaman. Apabila orang datang ke masjid, ia sampai di shaf, hendaklah ia mengucapkan salam sebelum shalat, setelah selesai shalat (Tahiyatul Masjid) bersalaman dengan orang yang ada di kanan dan kiri jika ia belum bersalaman dengan mereka sebelum shalat itu mengikuti perbuatan Nabi.            

    ( Syekh Ibnu Baz, Majmu’ Fatawa Ibnu Baz, Juz 30/68)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar