Selasa, 11 Februari 2020

CIDRO JANJI (WANPRESTASI)

Sekilas mirip judul lagunya Mas Didi Kempot, Pria kelahiran Surakarta tahun 1966, yang dikenal sebagai The Lord Of Loro Ati kata Netizen. Tak ayal lagi lagu-lagunya bikin sendu para jomblower, liriknya bikin baper klepek-klepek. Tapi tetap dalam Boso Jowo, kalau tidak bisa ya tinggal gogling translate saja, nemu deh.

Sebenarnya bukan itu, yang saya ingin tuliskan adalah wanprestasi dalam kaitannya dengan transaksi ekonomi dan bisnis. Istilah wanprestasi berasal dari bahasa Belanda, yaitu "wanprestatie" yang artinya tidak dipenuhinya prestasi atau kewajiban yang telah ditetapkan terhadap pihak-pihak tertentu di dalam suatu transaksi ekonomi, baik perikatan yang dilahirkan dari suatu perjanjian ataupun perikatan yang timbul karena undang-undang.

Wanprestasi memberikan akibat hukum terhadap pihak yang melakukannya dan membawa konsekuensi terhadap timbulnya hak pihak yang dirugikan untuk menuntut pihak yang melakukan wanprestasi untuk memberikan ganti rugi.

Namun perkembangan terbaru dari MK, pihak leasing atau penerima hak fidusia (kreditur) tidak boleh melakukan eksekusi sendiri melainkan harus mengajukan permohonan pelaksanaan eksekusi kepada pengadilan negeri," demikian bunyi Putusan MK Nomor 18/PUU-XVII/2019. Artinya debt kolektor tidak boleh main ambil saja ditengah jalan tanpa ada kesepakatan diantara pihak terkait.

TIPS

1. Setiap muslim terkait dengan syarat-syarat tertentu dalam transaksi ekonomi

وَالْمُسْلِمُوْنَ عَلَى شُرُوْطِهِمْ إِلاَّ شَرْطًا حَرَّمَ حَلاَلاً أَوْ أَحَلَّ حَرَامًا

"Dan kaum Muslimin harus memenuhi syarat-syarat yang telah mereka sepakati kecuali syarat yang mengharamkan suatu yang halal atau menghalalkan suatu yang haram (HR. Ahmad)

2. Pilihlah mana kebutuhan pokok, mana pelengkap, mana yang mendesak mana yang bisa ditunda, intinya jangan maksain diri. Kalau sudah maksain diri, ternyata nggak mampu ditengah jalan, siap siap diangkut oleh debt colektor.

3. Jika kamu punya uang cash, belilah sesuai dengan uangmu, kalau belum punya ya nabung, jangan maksain diri ingin punya barang bagus namun kemampuan tidak sampai.


Abu Nawa, Lc

1 komentar:

  1. Did you know there's a 12 word sentence you can tell your partner... that will induce intense emotions of love and instinctual appeal for you buried inside his chest?

    Because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, please and protect you with all his heart...

    12 Words Will Fuel A Man's Desire Impulse

    This instinct is so hardwired into a man's brain that it will make him work better than before to make your relationship the best part of both of your lives.

    In fact, triggering this mighty instinct is absolutely binding to having the best ever relationship with your man that the instance you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You'll soon find him open his mind and soul for you in such a way he haven't expressed before and he will perceive you as the one and only woman in the world who has ever truly understood him.

    BalasHapus