Selasa, 10 Mei 2016

Allah Akan Memenangkan Agama Islam Dari Agama Lain



هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ (9)
“Diallah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar, agar Dia memenangkannya di atas segala agama-agama meskipun orang musyrik membenci”. (QS. As Shaff: 9)

Tinjauan Bahasa
دِينِ الْحَقِّ
Agama yang benar
لِيُظْهِرَهُ
Memenangkan, menolong


Kandungan Ayat
Allah Subhanahu wata’ala yang telah mengutus para Rasul-Nya, dengan membawa petunjuk, menuntun jalan hidayah, membentangkan jalan kebenaran, memberi kabar gembira dan memperingatkan akan datangnya azab yang pedih bagi siapa saja yang ingkar akan kebenaran yang dibawa oleh para Rasul-nya. Agama yang benar adalah Islam. Islam adalah agama yang mengajarkan tunduk hanya kepada Allah dan menaati perintah-perintah serta menjauhi larangan dalam koridor kebenaran.
Muhammad bin Muhammad al Khatib menerangkan dalam tafsirnya, 

{وَدِينِ الْحَقِّ} الإسلام؛ الذي هو حق كله {لِيُظْهِرَهُ} ليعليه {عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ} اسم جنس؛ أي ليظهره على سائر الأديان
“Yang dimaksud dengan agama yang benar adalah Islam, yang semuanya berisi kebenaran,  dan Allah akan menolong agama islam dari seluruh agama yang lain, kalimat Ad Din adalah ismul Jinsi ( Kata Benda Jenis) yang fungsinya utk menerangkan makna mayoritas (istighraq)[1].
Imam At Thabai dalam tafsirnya menukil hadits yang bersumber dari Aisyah Radhiyallahu ‘Anha:
وروي عن عائشة -رضي الله عنها- قالت: سمعت رسول الله-صلى الله عليه وسلم- يقول: « لا يذهب الليل والنهار حتى تعبد اللات والعزى، فقلت: يا رسول الله، إن كنت لأظن حين أنزل الله: هُوَ الَّذِي أَرْسَلَ رَسُولَهُ بِالْهُدَى وَدِينِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّينِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُونَ » أن ذلك تام، قال: إنه سيكون من ذلك ما شاء الله ثم يبعث الله ريحا طيبة فتوفى كل من كان في قلبه مثقال حبة من خردل من إيمان، فيبقى من لا خير فيه فيرجعون إلى دين آبائهم
Diriwayatkan dari Aisyah Radhiyallahu Anha, ia berkata,” Aku mendengar Rasulullah bersabda,”Tidaklah berlalu siang dan malam hingga berhala Lata dan “Uzza disembah, Aku bertanya,” Wahai Rasulullah, dalam bagaimana dengan dugaanku saat Allah menurunkan firman-Nya,” “Diallah yang mengutus Rasul-Nya dengan membawa petunjuk dan agama yang benar, agar Dia memenangkannya di atas segala agama-agama meskipun orang musyrik membenci”. Bukankah itu Kesempurnaan? Rasulullah menjawab,” Akan terjadi kesempurnaan Islam sesuai kehendak Allah, lalu allah mengirimkan angin yang baik, kemudian wafatlah setiap orang yang masih memiliki iman di hatinya meski hanya seberat biji kecil, lalu yang tersisa adalah orang yang tiada kebaikan dalam dirinya, dan mereka kembali kepada agama nenek moyangnya”.[2]

Allah Akan Memenangkan Islam Diatas Agama Lain
Imam Thahir bin Asyur menyebutkan bahwa agama islam akan Allah menangkan dari agama agama lain, hingga Islam tersebar keseluruh dunia, ketahuilah bahwa kabar ini adalah optimisme yang Allah berikan kepada umat Islam yang akan menang dari agama lain, seperti dahulu agama Nashrani yang tersebar hingga Konstatinopel Kesultanan Romawi. Namun segalanya berproses hingga agama islam tersebar ke seluruh penjuru dunia.[3]
Imam As Sa’di dalam tafsirnya menyebutkan:
ليعليه على سائر الأديان، بالحجة والبرهان
Meninggikan Islam  dari sekian agama, dengan hujjah (bukti) dan tanda kebenaran [4](burhan)

Bentuk Penjagaan Allah Terhadap Agama Islam
1.      Menjaga sumber hukum islam
Sumber hukum islam yang senantiasa terjaga adalah Al Qur’an. Allah akan menjaga selalu Al qur’an sepanjang masa keaslian dan hukum-hukum didalamnya, banyaknya majelis-majelis Al Qur’an dan para Hufaz serta orang-orang yang mendalami ilmu-ilmu Al qur’an adalah salah satu bentuk penjagaan Allah terhadap Al Qur’an.
firman Allah:
“Sesungguhnya Kami yang menurunkan Al Qur’an dan Kami yang akan menjaganya” (QS. Al Hijr:9)

2.      Muncul Pembela-Pembela Agama Islam disetiap zaman

Seiring dengan terjaganya Al Qur’an tentu ada orang atau golongan yang senantiasa menegakkan kebenaran dan menjunjung tinggi nilai-nilai Al Qur’an. Rasulullah bersabda:

 لَا تَزَالُ طَائِفَةٌ مِنْ أُمَّتِي ظَاهِرِينَ عَلَى الْحَقِّ حَتَّى تَقُومَ السَّاعَةُ
            “Masih akan terus ada satu kelompok pada umatku, mereka akan tetap berada   di atas kebenaran sampai hari kiamat datang”. [HR Bukhari dan Muslim].
            Terkait golongan yang membela kebenaran, Imam Nawawi menyebutkan             beberapa pendapat:
-          Menurut Imam Bukhari, mereka adalah ahli ilmu, kaum yang mencintai ilmu
-          Menurut imam Ahmad, “Jika mereka bukan ahli hadits, maka aku tidak tahu siapa mereka”.
-          Fudhail binIyadh,” Yang dimaksud oleh Imam Ahmad adalah Ahlus sunnah wal jamaah”.
Imam Nawawi berkata;
وَيَحْتَمِل أَنَّ هَذِهِ الطَّائِفَة مُفَرَّقَة بَيْن أَنْوَاع الْمُؤْمِنِينَ مِنْهُمْ شُجْعَان مُقَاتِلُونَ، وَمِنْهُمْ فُقَهَاء، وَمِنْهُمْ مُحَدِّثُونَ، وَمِنْهُمْ زُهَّاد وَآمِرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَنَاهُونَ عَنْ الْمُنْكَر، وَمِنْهُمْ أَهْل أَنْوَاع أُخْرَى مِنْ الْخَيْر، وَلَا يَلْزَم أَنْ يَكُونُوا مُجْتَمَعِينَ بَلْ قَدْ يَكُونُونَ مُتَفَرِّقِينَ فِي أَقْطَار الْأَرْض
“Kemungkinan yang dimaksud dengan golongan kebenaran mereka tersebar dalam berbagai type kaum muslimin, mereka ada pada pasukan pemberani, ahli fikih, ahli hadits, orang zuhud, para penyeru kebenaran yang melakukan amar ma;ruf nahy munkar, dan para pelaku kebaikan lain, tidak harus terkumpul pada satu golongan khusus, namun tersebar di seantero jagat.( An Nawawi, Syarh Sahih Muslim,13/67)

3.      Bisyarah (kabar gembira) dari nabi

 Rasulullah bersabda:
ليبلغ هذا الأمر مبلغ الليل والنهار، ولا يترك الله بيت مدر ولا وبر إلا أدخله الله هذا الدين بعز عزيز أو بذل ذليل، يعز بعز الله في الإسلام، ويذل به في الكفر
“Agama ini akan sampai keseluruh penjuru, bak siang dan malam, Alla tidak meninggalkan sebuah rumah melainkan akan dimasuki agama ini dengan kekuatan islam atau dengan melemahnya  kekufuran”. ( HR. Hakim)


والله أعلم



[1] Muhammad bin Muhammad al Khatib w. 1402H, Audhah Tafasir, ) Mesir:Maktabah Mishriyah,1383) juz 1 h. 684
[2] HR. Muslim, Kitab Fitan wa Asyrat as Sa’ah, no, 2907, Al Hakim, Al Mustadrak ‘Ala Shahihaini, Kitab al Fitan wa al Malahim,no. 3578
[3] Muhammad Thahir bin Asyur w.1393H, At Tahrir wa Tanwir,( Tunis: Dar Tunis Lin Nasyr,1984) j. 28 h. 192
[4] Abdurrahman Nashir As Sa’di, Taisir Al Karim Ar Rahman Fi tafsir Kalam al Mannan, (Muassasah Ar Risalah: 1420 H), Tahqiq:Abdurrahman bin Ma’lla Al Luwaihiq, j.1 h. 859

Kamis, 05 Mei 2016

LEBIH DEKAT DENGAN IMAM ABU HAMID AL GHAZALI (450-505 H)


Dia adalah Syekh, Imam, Bahr Hujjatul Islam, salah satu keajaiban zaman, hiasannya agama, Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Ahmad At Thusi As Syafi’i  Al Ghazali, pemilik banyak karya dan kecerdasan yang tiada tara. Lahir di desa Ghazalah daerah Thus, Iran tahun 450 H.
Orang tua Al Ghazali seorang tukang tenun yang miskin, dan menyukai ilmu tasawuf, saat meninggal ia berpesan kepada kawa-kawannya untuk mendidik anak-anaknya yang masih kecil.
Kemudian ia pindah ke Naisabur, melanjutkan rihlah ilmiyahnya menimba ilmu kepada Imam al Haramain Abu Al Maali Al Juwaini. Beliau memperdalam fikih dalam waktu singkat, menguasai ilmu Kalam dan tekhnik berdebat, hingga menjadi pendebat ulung pada zamannya. Lalu tak berapa lama ia dilirik oleh menteri dan dipercaya untuk mengatur pola pendidikan di Nizamiyah Baghdad sekitar tahu 480 H dan saat itu usia beliau adalah 30 tahun. Ia pun mengarang kitab Ushul Fikih, fikih, Filsafat dan Hikmah, seolah tulisan mengalir tak henti dari otaknya yang cerdas.
Namun karena kecintaanya kepada ilmu jabatan yang diembannya membuatnya tidak bernafsu berkuasa, dia meneruskan kecintaannya pada sifat-sifat zuhud, perbaikan jiwa, ikhlas, lalu ia mengunjungi Baitul Maqdis dan belajar kepada ahli fikih Nasr bin Ibrahim al Maqdisi, pemilik Jami’ Al Umawi di Damaskus dan disanalah ia mengarang kitab Ihya Ulumuddin, Kitab Al Qisthas, Al Arbain dan Kitab Mahk Nadzar.[1]

Fase Kehidupan Imam Al Ghazali
Kehidupan Imam Al Ghazali terbagi menjadi tiga fase utama: pertama,fase perkembangan. Pada fase ini Al Ghazali tumbuh normal layaknya manusia lain. Dipenuhi dengan semangat menimba ilmu dan menelaah khazanah ilmiyah dari para guru-gurunya. Fase kedua, masa keraguan, saat Al Ghazali mulai terjun menekuni dunia ilmu Kalam dan filsafat, hingga ia  membantah dan membongkar teori-teori filsafat dari Yunani yang digawangi oleh Aristoteles dan karya dari Ibnu Sina yang berjudul Maqashid Al Falasifah. Tak butuh waktu lama kemudian Al Ghazali menelurkan sebuah karya yang berisi bantahan terhadap kaum filososfis dalam kitabnya Tahafutul Falasifah (Kerancuan Filsafat)

Karya-Karya Imam Al Ghazali
Imam Al Ghazali menuliskan karya yang begitu banyak dalam beragam disiplin ilmu agama seperti Fikih, Ushul Fikih, Akidah, Tasawuf, Filsafat dan lain-lain, diantaranya:
a. Al Iqtishad Fil I’tiqad (Akidah)
b. Bughyatul Murid Fi Masail At Tauhid (Akidah)
c. Iljam Al Awam ‘An ilm Al Kalam (Filsafat)
d. Al Maqshad Al Asna Syarh Asmaul Husna (Tauhid)
e. Tahafut Falasifah (Filsafat)
f. Mizan Al Amal
g. Ihya Ulumuddin
h. Bidayatul Hidayah
i. Al Arbain Fi Ushulddin
j. Kimiya As Saadah
k. Minhajul Abidin
l. Al Wasith
m. Al Musthasfa Fi Ilm Ushul Fikh
n.Syifaul Ghalil
o. Al Qishthas
p. Lubab Nazar

Ada banyak tuduhan miring dilemparkan oleh orang-orang yang tidak sejalan dengan pemikiran Imam Al Ghazali, menuduh beliau Zindiq, terlalu mendalam dalam ilmu Kalam, Ahli berfilsafat dan tuduhan lainnya, namun beliau tetaplah ulama yang besar, tuduhan tersebut tidaklah mengerdilkan kemampuan dan karya-karya besarnya bagi agama islam.








[1] Imam Az Zahabi, Siyar A’lam Nubala, (Muassasah Ar Risalah, 1405) juz 19, h. 346

Selasa, 03 Mei 2016

Hj. Tutty Alawiyah Wafat di RS MMC

Mantan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan era Presiden Soeharto, Tutty Alawiyah wafat. Tutty menutup usia di RS MMC.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, saya baru mendapat kabar dari keluarga beliau. Beliau wafat tadi pagi," ungkap Ketua DPP PPP Reni Marlinawati kepada detikcom, Rabu (4/5/2016).

Tutty menghembuskan nafas terakhir di usia 74 tahun pukul 07.15 WIB setelah sebelumnya dirawat. Saat ini jenazah Tutty masih berada di RS MMC. Tuty Alawiyah juga dikenal sebagai seorang ustazah yang mengkoordinir ribuan ibu-ibu majelis taklim di Jabodetabek./detik.com

Senin, 02 Mei 2016

MEREKA INGIN MEMADAMKAN ISLAM




يُرِيدُونَ لِيُطْفِئُوا نُورَ اللَّهِ بِأَفْوَاهِهِمْ وَاللَّهُ مُتِمُّ نُورِهِ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ

“Mereka ingin memadamkan cahaya Allah dengan mulut (tipu daya) mereka, tetapi Allah (justru) menyempurnakan cahaya-Nya, walau orang-orang kafir membencinya”.(QS. As Shaff:8)

 
SABAB NUZUL AYAT

Imam Al Mawardi menyebutkan dalam tafsirnya bahwa sebab turun ayat ini adalah, seperti diceritakan oleh Atha’ dari Ibnu Abbas, bahwasanya wahtu terhenti selama 40 hari kepada Nabi Muhammad Shalalahu Alaihi wa sallam, lalu berkata Kaab bin al Asyraf (Penyair Yahudi kafir),’Wahai kaum Yahudi berita gembira kepada kalian, Allah telah memadamkan cahaya-Nya kepada Muhammad, yang sebelunya turun, Allah tidak menyempurnakan urusan-Nya, nabipun sedih. Kemudian Allah menurunkan ayat ini, dan wahyupun bersambung setelah itu.”[1]

KANDUNGAN AYAT

Ayat ini menjelaskan tentang perilaku orang-orang yang mengatakan bahwa nabi Muhammad adalah tukang sihir, karena Beliau menyebarkan agama baru dikalangan kaum Quraisy. Mereka ingin agar agama islam tidak berkembang, agar cahaya Allah padam [2]. Korelasi dengan zaman sekarang, akan senantiasa ada orang atau golongan yang berusaha untuk menghalangi islam berkembang, dengan segala cara, baik dari sisi ekonomi, sosial, budaya, politik dan sebagainya. Mereka senang jika Islam tidak berkembang, islam terbelakang, konflik berkepanjangan dan akhirnya tak punya kekuatan, lalu padam. Namun janji Allah dalam ayat ini begitu jelas, bahwa Allah-lah yang akan menyempurnakan cahaya-Nya meski orang-orang kafir membenci.

Makna Nur Allah (نورُ الله)

Disebutkan dalam Tafsir Jalalain, yang dimaksud dengan Nur Allah ( cahaya Allah) adalah syariat Allah dan buktinya (al burhan).[3] Sedangkan Syekh Wahbah Zuhaili menafsirkan Nur Allah sebagai: Syariat,agama,Kitab Allah dan kebenaran yang dibawa oleh Rasulullah Shalalahu alaihi wasallam.[4]  Imam At Thabari mendefinisikan Nur Allah sebagai, Al Qur’an[5].  Ar Razi dalam tafsirnya menyebutkan beragam makna Nur Allah diantarnya: Nur Allah adalah ilmu,Iman, agama Islam, Rasulullah dan Al Qur’an[6] .

يُرِيدُونَ لِيُطْفِئُوا نُورَ اللَّهِ

“Mereka ingin memadamkan cahaya Allah”.

Ibnu Asyur dalam tafsirnya menyebutkan bahwa ada perumpamaan dalam ayat ini:
Usaha kaum kafir untuk memadamkan cahaya Allah (Islam) seperti perumpamaan seperti memadamkan cahaya api, merupakan perumpamaan yang masuk akal. (Tasbih Al Ma’qul bil Mahsus)[7] .

Al Quran menyebut  orang-orang kafir termasuk didalamnya adalah kaum musyrikin, Ahlul Kitab dan sejenisnya, sebagai bentuk usaha, tipu daya, makar mereka terhadap Islam [8].
Syekh Muhammad Sayid Thantawi dalam tafsirnya menyebutkan:

يريد هؤلاء الكافرون بالحق، أن يقضوا على دين الإسلام، وأن يطمسوا تعاليمه السامية التي جاء بها النبي صلى الله عليه وسلم عن طريق أقاويلهم الباطلة الصادرة عن أفواههم، من غير أن يكون لها مصداق من الواقع تنطبق عليه، أو أصل تستند إليه، وإنما هي أقوال من قبيل اللغو الساقط المهمل الذي لا وزن له ولا قيمة

“Kaum kafir mereka benar-benar ingin menghabisi agama islam, menghapus semua ajaran yang di bawa oleh Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa sallam, dengan jalan menyebar ucapan dari mulut mereka tanpa sandaran kebenaran dan kenyataan, ucapan itu keluar dari ucapan gurauan, spontanitas tak berharga sama sekali [9] “.

Begitu gigih usaha dan kebencian kaum kafir, kegigihan mereka untuk memadamkan islam seperti mereka hendak memadamkan cahaya matahari melalui tiupan mulut, betapapun itu sulit, namun Allah akan menyempurnakan dan menyelamatkan cahaya-Nya dari mereka.  

KESIMPULAN:
a. Kaum kafir dan sejenisnya  akan senantiasa berupaya memadamkan cahaya Allah, menghalangi agama Islam dengan berbagai cara.
b. Begitu besar kebencian kaum kafir, mereka melakukan tipu daya dengan mulut mereka ,  bisa di analogikan dengan penyebaran isu dan penggunaan media untuk merusak citra islam, seperti fitnah yang tersebar melalui lisan.
c. Allah akan menjaga agama Islam dan akan menyempurnakan cahayanya, dan beruntunglah bagi siapa saja yang berada dalam pembela agama Allah.
والله أعلم



[1] Al Mawardi w. 450H, Tafsir an Nakat wa Al Uyun, (Libanon: Dar al Kutub) j. 5. H. 530
[2] At Thabari  (w.310H), Tafsir At Thabari, (Muassasah Ar Risalah: 2000 M) h. 23
[3] Jalaludin al Mahaly (864) dan Jalaludin as Suyuthi (911), Tafsir Jalalain,( Cairo: Darul Hadits) juz 1, h. 739
[4] Wahbah Zuhaili, Tafsir Al Manar, (Damaskus: Dar al Fikr, 1418 H)  juz 28 h.166
[5]  At Thabari, Tafsir At Thabari  ( Muasasah Ar Risalah,1420) j. 23, h. 360
[6] Fakhrudiin Ar Razi, ( Mafatihal Ghaib,(Beirut: Dar Ihya Turats,1420) j. 29 h. 529
[7] Ibnu Asyur w. 1393, at Tahrir wa Tanwir, ( Tunis: Dar Tunis li Nasyr, 1984) juz 28, h.190
[8] Ibnu Asyur, At Tahrir wa Tanwir, h. 191
[9]  Muhammad Sayid Thantawi , Tafsir Al Wasith lil Qur’anil Karim ( Mesir: Dar Nahdhah Misr, 1997) j. 14, h. 361

Sabtu, 30 April 2016

JALAN HIKMAH : EMPAT TUNTUTAN BURUH DI MAY DAY TAHUN INI

JALAN HIKMAH : EMPAT TUNTUTAN BURUH DI MAY DAY TAHUN INI: JAKARTA, Indonesia — Sekitar 150 ribu buruh se-Jabodetabek akan melakukan aksi long march dari depan Istana Presiden menuju Stadion Uta...

EMPAT TUNTUTAN BURUH DI MAY DAY TAHUN INI

JAKARTA, Indonesia — Sekitar 150 ribu buruh se-Jabodetabek akan melakukan aksi long march dari depan Istana Presiden menuju Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) pada Minggu, 1 Mei.
Sebelumnya, pihak kepolisian melarang buruh melakukan long march karena akan menimbulkan kepadatan di jalan saat pemberlakuan bebas berkendaraan (car free day), namun Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyatakan akan tetap melaksanakan aksi tersebut.
“Titik kumpul buruh di Bundaran Hotel Indonesia sebelum menuju Istana dan GBK. Meskipun kepolisian melarang tetapi bagi kami tidak ada undang-undang yang melarang buruh melakukan long march,” kata Said, Kamis, 28 April.
Dalam peringatan Hari Buruh Internasional 2016, kaum buruh mengajukan empat tuntutan, yakni:
  1. Menolak upah murah, pencabutan PP No. 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, dan menaikkan upah minimum pada 2017 sebesar Rp 650 ribu.
  2. Menghentikan kriminalisasi buruh dan aktivis sosial, serta menghentikan pemutusan hubungan kerja (PHK).
  3. Menolak reklamasi, penggusuran, dan RUU pengampunan pajak (tax amnesty) yang dianggap merugikan buruh. Sementara kaum buruh dikendalikan dengan sistem upah murah melalui PP 78/2015, para pengemplang pajak justru diampuni.
  4. Deklarasi organisasi masyarakat buruh sebagai kekuatan politik atau kelompok penekan yang terdiri dari kalangan buruh, guru honorer, mahasiswa, dan nelayan.
Pendeklarasian ormas yang bernama Rumah Rakyat Indonesia tersebut diperlukan untuk mempersatukan kekuatan seluruh buruh yang selama ini terkotak-kotak berdasarkan serikat pekerja mereka masing-masing.
"Ormas ini akan dideklarasikan di GBK, serta serentak di 28 provinsi di 200 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia," kata Said.
KSPI memprediksi tidak kurang dari satu juta buruh di seluruh penjuru Tanah Air akan memperingati Hari Buruh Internasional melalui aksi yang dipusatkan di kantor-kantor gubernur dan wali kota/ Antara

Rabu, 27 April 2016

Silahkan Mampir di www.ustfauzan.com

Banyak Informasi menarik semoga bermanfaat ya...
kunjungi website pribadi saya di:

 http://ustfauzan.com/

Mantan Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. Ali Musthafa Ya'kub. MA, Tutu Usia

Mantan imam besar Masjid Istiqlal, Prof KH Ali Mustafa Yaqub meninggal dunia. Ali Mustafa meninggal di RS Hermina, Jakarta.

Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam mengatakan, KH Ali Mustafa meninggal di RS Hermina sekitar pukul 06.00 WIB, Kamis (28/4/2016).

"Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Telah berpulang ke rahmatullah guru kita Prof KH Ali Mustafa Yaqub pukul 06.00 WIB di Rumah Sakit Hermina, Semoga amal baik beliau diterima di sisi Allah SWT dan diampuni dosa-dosanya," kata Asrorun lewat pesan singkatnya kepada detikcom.

KH Ali Mustafa lahir di Kemiri, Batang 02 Maret 1952. KH Ali Mustafa juga merupakan mantan Wakil Ketua Fatwa MUI.

Berikut ini biografi beliau:
1. Latar Belakang KH. Ali Mustafa Yaqub
Prof. Dr. KH. Ali Mustafa Yaqub, MA lahir di Kemiri, Batang, Jawa Tengah, pada tanggal 2 Maret 1952 M dari sebuah keluarga yang taat menjalankan agama.

Domisili beliau sekarang di Jl. SD. Inpres No. 11 RT.002 RW.09 Pisangan-Barat Ciputat 15419 Tangerang-Selatan Banten.
2. Pendidikan KH. Ali Mustafa Yaqub
Pendidikan KH. Ali Mustafa Yaqub mulai dari SD sampai SMP, semua dijalani di Batang kota kelahirannya. Setelah tamat SMP minatnya untuk belajar agama mulai tumbuh, Ali Mustafa kecil bertandang ke sebuah pesantren di Seblak, Jombang untuk belajar agama sampai tahun 1969.

Kemudian beliau nyantri lagi di pesantren Tebu Ireng, Jombang sampai tingkat Fakultas Syari’ah Universitas Hasyim As’ari sampai awal tahun 1976. Dan pada tahun itu juga ia masuk Fakultas Syari’ah Universitas Muhammad ibnu Saud sampai tahun 1985 kemudian mengambil Master di Universitas yang sama pada Jurusan Tafsir dan Ilmu Hadits.

Secara garis besar, pendidikan KH. Ali Mustafa Yaqub adalah:
  1. Pondok Pesantren Seblak Jombang (1966–1969).
  2. Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang (1969–1971).
  3. Fakultas Syariah Universitas Hasyim Asy’ari, Jombang (1972–1975).
  4. Fakultas Syariah Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud, Riyadh, Saudi Arabia (S1, 1976–1980).
  5. Fakultas Pascasarjana Universitas King Saud, Riyadh, Saudi Arabia, Spesialisasi Tafsir Hadits (S2, 1980–1985).
  6.  Universitas Nizamia, Hyderabad, India, Spesialisasi Hukum Islam (S3, 2005–2008).
3. Ulama Luar Negeri Datang ke Indonesia dan Uji KH. Ali Mustafa Yaqub
Guna memperoleh gelar doktornya, Prof. Ali Mustafa Yaqub ahli hadits Indonesia yang juga anggota Komisi Fatwa MUI Pusat diuji para ulama Timur Tengah. “Masalah halal-haram merupakan sesuatu yang sangat penting bagi umat Islam di manapun berada, karena mengkonsumsi produk yang haram disamping berbahaya bagi tubuh, juga menjadi sebab penolakan amal ibadah seorang Muslim oleh Sang Khaliq.”

Demikian dikemukakan Prof. KH. Ali Mustafa Yaqub, MA dalam disertasinya yang berjudul “Kriteria Halal-Haram untuk Pangan, Obat dan Kosmetika dalam Perspektif al-Quran dan Hadits”, untuk memperoleh gelar Doktor dalam Hukum Islam dari Universitas Nizamia, Hyderabad India. Yang menarik ujian disertasi doktor tersebut dilaksanakan di aula Masjid Istiqlal Jakarta.

Sidang Munaqasyah yang dilakukan oleh tim penguji internasional, dipimpin oleh Prof. Dr. M. Hassan Hitou, Guru Besar Fiqh Islam dan Ushul Fiqh Universitas Kuwait yang juga Direktur Ilmu-ilmu Islam Frankfurt Jerman.

Para anggota penguji: Prof. Dr. Taufiq Ramadhan al-Buthi (Guru Besar dan Ketua Jurusan Fiqh dan Ushul Fiqh Universitas Damaskus, Syria), Prof. Dr. Mohammed Khaja Sharief M. Shahabuddin (Guru Besar dan Ketua Jurusan HadisUniversitas Nizamia, Hyderabad, India) dan Prof. Dr. M. Saifullah Mohammed Afsafullah (Guru Besar dan Ketua Jurusan Sastra Arab Universitas Nizamia). Mereka menyatakan Ali Mustafa Yakub lulus dan berhak menyandang gelar doktor.

“Ini adalah suatu kejadian baru yang sangat baik. Justru sekarang ini malah dosen-dosennya yang datang kemari, bukan mahasiswa yang datang kesana,” kata Menteri Agama Muhammad Maftuh Basyuni mengomentari ujian disertasi tersebut. Selain Menag, hadir pula Dirjen Bimas Islam Nasaruddin Umar, Sekjen Depag Bahrul Hayat, dan Ketua MUI Umar Shihab.

Menurut Ali Mustafa Yaqub yang juga Imam Besar Masjid Istiqlal, meski saat ini sudah banyak karya tulis yang menjelaskan tentang kehalalan dan keharaman makanan, minuman, obat dan kosmetika. Namun kebanyakan karya tersebut membahas hukum barang tersebut dengan menyebutkan namanya, lalu menyatakan hukumnya dalam tinjauan fiqh Islam.

“Adapun yang kami tulis dalam disertasi ini adalah kebalikannya. Kami menyebutkan kriteria-kriteria halal dan haram terlebih dahulu, lalu menyebutkan contoh-contohnya. Tujuannya adalah untuk mempermudah kaum Muslimin dalam mengetahui barang-barang yang halal dan haram. Sebab jika seorang Muslim mengetahui kriteria-kriteria kehalalan dan keharaman suatu barang maka ia akan mengetahui hukum barang itu dalam pandangan fiqh Islam,” papar KH. Ali.

“Yang kedua, dalam disertasi ini kami sampaikan sebuah usulan mengenai halal internasional. Maksudnya, segala yang halal di negara-negara Arab halal pula di Asia Tenggara, yang halal di London halal pula di New York, yang halal di Hyderabad halal pula di Jakarta, tanpa melihat lokasi tempat tinggal Muslim dan madzhab fiqh yang dianut.” Lanjut KH. Ali Mustafa Yaqub memberikan penjelasan.

“Dewasa ini produk dari negara non Muslim membanjir di negara yang mayoritas umat Islam termasuk Indonesia. Ini suatu perhatian yang sangat besar, karena itu kita perlu tahu.” Ujar KH. Ali Mustafa Yaqub seraya mengungkapkan bahwa disertasi yang ia tulis itu setelah melakukan penelitian di Amerika, Kanada serta Eropa.

Sementara itu Menteri Agama Maftuh Basyuni mengatakan disertasi KH. Ali Mustafa Yaqub itu memiliki kaitan dengan upaya pemerintah untuk memperjuangkan adanya undang-undang mengenai sesuatu halal. “Kita sangat berkepentingan, dan kalau disertasi itu diterima kita punya pegangan yang bisa dijadikan rujukan semua pihak,” katanya.
4. KH. Ali Mustafa Yaqub Mulai Aktif Berdakwah
Setelah pulang ke tanah air beliau menjadi dosen di berbagai Perguruan Tingi Islam seperti: Institut Ilmu al-Quran (IIQ), Institut Studi Ilmu al-Quran (ISIQ), Sekolah Tinggi Islam Dakwah (STIDA) al-Hamidiyah dan UIN Syarif Hidayatullah.

KH. Ali Mustafa Yaqub merupakan sosok pribadi intelektual muslim. Ia dikenal sebagai pakar ilmu hadits. Sebab itu tidak mengherankan bila ia mengembangkan dakwah Islamiah lewat perspektif hadits. Dan kalau berbicara soal hadits berikut kisi-kisi kehidupan, perilaku dan tindakan Rasulullah Saw., KH. Ali Mustafa Yaqub memang memiliki otoritas.

KH. Ali Mustafa Yaqub adalah alumni pascasarjana King Saud Riyadh Saudi Arabia. Beliau termasuk salah seorang murid ulama terkenal yang juga pakar di bidang hadits asal Saudi Abia, yaitu professor M. M. Azami.

Kiprah organisasinya mulai dikenal ketika di Riyadh ia terpilih menjadi ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI). Tahun 1990-1996 beliau menjadi Sekjen Pimpinan Pusat Ittihadul Muballighin.

Tahun 1997 ia mendirikan pondok pesantren dengan spesialisasi ilmu hadits yang bernama Pesantren Luhur Ilmu Hadits Darus Sunnah. Pesantren ini terletak di Jalan SD Inpres no. 11 Pisangan Barat Ciputat, Jakarta, yang didirikan untuk mempelajari tentang hadits dan ilmunya. Pesantren tersebut memberikan pendidikan secara gratis dan banyak diminati oleh anak-anak muda dari berbagai daerah.

Selain itu beliau juga menjadi pembicara di berbagai seminar serta menulis sejumlah makalah dan buku. Beliau mulai aktif dalam dunia tulis-menulis sejak tahun 1986. Beberapa tulisannya yang terpublikasi secara luas diantaranya adalah Memahami Hakikat Hukum Islam (1986), Imam Bukhari dan Metodologi Kritik dalam Ilmu Hadits (1991), Kritik Hadits (1995), Kriteria Halal-Haram untuk Pangan, Obat dan Kosmetika dalam Perspektif al-Quran dan Hadits, Hadits-Hadits Palsu Seputar Ramadhan (2003).

Selain itu ia juga aktif sebagai guru besar di Institut Ilmu Qur’an (IIQ) Ciputat. Ia juga pernah mengajar kurang lebih 5 tahun lamanya di IAIN Ciputat Jakarta. Dan saat ini ia adalah salah seorang anggota MUI Pusat.

Secara garis besar, aktifitas dakwah yang sudah dan sedang KH. Ali Mustafa Yaqub lakukan diantaranya adalah:
  1. Pengasuh Pesantren Luhur Ilmu Hadits Darus Sunnah, Pisangan-Barat, Ciputat (1997- sekarang).
  2. Wakil Ketua Komisi Fatwa MUI Pusat (2005–2010).
  3. Wakil Ketua Dewan Syariah Nasional (DSN) Majlis Ulama Indonesia (MUI)  (1997–2010).
  4. Guru Besar Hadits & Ilmu Hadits Institut Ilmu al-Quran (IIQ) Jakarta (1998–sekarang).
  5. Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta (2005–sekarang).
  6. Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Bidang Fatwa (2010–sekarang).
  7. Penasihat Syariah Halal Transactions of Omaha Amerika Serikat (2010–sekarang).

Bukan hanya kancah dakwah dalam negeri, beliau juga mengembangkan sayap dakwahnya hingga ke luar negeri. Hal itu bisa kita lihat dari tugas luar negeri yang pernah KH. Ali Mustafa Yaqub laksanakan, diantaranya adalah:
  1. Anggota Delegasi MUI untuk Mengaudit Pemotongan Hewan di Amerika (2000).
  2. Ketua Delegasi MUI untuk Mengaudit Pemotongan Hewan di Amerika dan Kanada (2007).
  3. Peserta & Pemakalah dalam Konfrensi Internasional tentang Metode Penetapan Fatwa di Kuala Lumpur, Malaysia (2006).
  4. Studi Banding tentang Metode Pelestarian al-Quran, di Iran, Mesir dan Saudi Arabia, Anggota Delegasi Departemen Agama RI (2005).
  5. Studi Banding tentang Metode Pelestarian al-Quran, di Turki, Anggota Delegasi Departemen Agama RI (2006).
  6. Peserta Konfrensi Internasional ke-6, Lembaga Keuangan Islam, Bahrain (2007).
  7. Safari Ramadhan 1429 H di Amerika dan Kanada (2008).
  8. Naib Amirul Hajj Indonesia, 1430 H/2009 M.
  9. Narasumber Seminar Takhrij Hadits Serantau, Kuala Lumpur Malaysia, (Desember 2009).
  10. Narasumber Seminar Kepimpinan Pegawai-pegawai Masjid, Bandar Seri Begawan Negara Brunei Darussalam (November 2010).
  11. Narasumber Pengajian Ramadhan ad-Durus al-Hassaniyah 1432 H/ 2011 M, Kerajaan Maroko (Agustus 2011).
  12. Karya-karya KH. Ali Mustafa Yaqub
Ali Mustafa Yaqub adalah seorang kiyai yang sangat sederhana dan ikhlas. Di tengah-tengah kesibukannya ia masih meluangkan waktunya untuk bersedia diwawancarai oleh para wartawan. Di sela-sela kesibukannya pula ia telah banyak menulis buku, dan yang terbanyak tulisannya adalah di bidang ilmu hadis sesuai dengan keahliannya.

Karya-karya KH. Ali Mustafa Yaqub diantaranya adalah:
  1. Memahami Hakikat Hukum Islam (Alih Bahasa dari Prof. Dr. Muh. Abdul Fattah al-Bayanuni, 1986).
  2. Nasihat Nabi kepada Para Pembaca dan Penghafal al-Quran (1990).
  3. Imam al-Bukhari dan Metodologi Kritik dalam Ilmu Hadits (1991).
  4. Hadits Nabawi dan Sejarah Kodifikasinya (Alih Bahasa dari Prof. Dr. Muhammad Mustafa Azami, 1994).
  5. Kritik Hadits (1995).
  6. Bimbingan Islam untuk Pribadi dan Masyarakat (Alih Bahasa dari Muhammad Jamil Zainu, Saudi Arabia, 1418 H).
  7. Sejarah dan Metode Dakwah Nabi (1997).
  8. Peran Ilmu Hadits dalam Pembinaan Hukum Islam (1999).
  9. Kerukunan Umat dalam Perspektif al-Quran dan Hadits (2000).
  10. Islam Masa Kini (2001).
  11. Kemusyrikan Menurut Madzhab Syafi’I (Alih Bahasa dari Prof. Dr. Abdurrahman al-Khumayis, 2001).
  12. Aqidah Imam Empat Abu Hanifah, Malik, Syafi’i dan Ahmad (Alih Bahasa dari Prof. Dr. Abdurrahman al-Khumayis, 2001).
  13. Fatwa-fatwa Kontemporer (2002).
  14. MM Azami Pembela Eksistensi Hadits (2002).
  15. Pengajian Ramadhan Kiai Duladi (2003).
  16. Hadits-hadits Bermasalah (2003).
  17. Hadits-hadits Palsu Seputar Ramadhan (2003).
  18. Nikah Beda Agama dalam Perspektif al-Quran dan Hadits (2005).
  19. Imam Perempuan (2006).
  20. Haji Pengabdi Setan (2006).
  21. Fatwa Imam Besar Masjid Istiqlal (2007).
  22. Ada Bawal Kok Pilih Tiram (2008).
  23. Toleransi Antar Umat Beragama (Bahasa Arab–Indonesia 2008).
  24. Islam di Amerika; Catatan Safari Ramadhan 1429 H Imam Besar Masjid Istiqlal (Bahasa Inggris–Indonesia 2009).
  25. Kriteria Halal-Haram untuk Pangan, Obat dan Kosmetika Menurut al-Quran dan Hadits (2009).
  26. Mewaspadai Provokator Haji  (2009).
  27. Islam Between War and Peace (Pustaka Darus-Sunnah 2009).
  28. معايـير الحلال والحرام في الأطعمة و الأشر بة و الأدوية والمستحضرات التجميلية على ضوء الكتاب و السنة  (2010)
  29. Kiblat; Antara Bangunan & Arah Ka’bah (Bahasa Arab-Indonesia 2010).
  30. القبـلة على ضوء الكتاب و السنـة باللغـة العربيـة (2010)
  31. 25 Menit Bersama Obama (Masjid Istiqlal Jakarta 2010).
  32. Kiblat Menurut al-Quran dan Hadits; Kritik Atas Fatwa MUI No.5/2010 (2011).
  33. Ramadhan Bersama Ali Mustafa Yaqub (2011).
  34. Cerita dari Maroko (2012).
  35. Makan Tak Pernah Kenyang (2012).
  36. Ijtihad, Terorisme dan Liberalisme (Bahasa Arab-Indonesia 2012).
  37. Panduan Amar Ma’ruf Nahi Mungkar (Hisbah) (Bahasa Arab-Indonesia 2012).
6. Pemikiran KH. Ali Mustafa Yaqub dalam Ilmu Hadits
Banyak penafsiran yang kurang tepat selama ini dalam memahami hadits, dan hal ini terus berkembang di masyarakat. KH. Ali Mustafa Yaqub termasuk ulama Indonesia garda depan yang mengamatinya sekaligus meluruskannya. Salah satu cara yang ia lakukan adalah dengan menulis buku atau makalah, di majalah, jurnal atau koran serta mengisi seminar atau ceramah-ceramah.

Yang melatarbelakangi motifasi KH. Ali Mustafa Yaqub untuk belajar hadits adalah ia merasakan dua kenikmatan dengan belajar hadits yaitu bisa mempelajari kehidupan Nabi Saw., sehingga seakan-akan melihat Nabi Saw. dan yang kedua bisa banyak bershalawat kepada Nabi Saw.

Beliau menjelaskan tentang perbedaan antara al-Hadits dan as-Sunnah, bahwa pengertian hadits dan sunnah menurut para ulama hadits terdiri dari empat hal: perkataan, perbuatan, ketetapan dan sifat-sifat Nabi. Sedangkan menurut ulama hukum Islam membedakan antara sunnah dan hadits Nabi. Sunnah hanya meliputi tiga aspek, yaitu perkataan, perbuatan dan ketetapan Nabi. Sedangkan sifat-sifat Nabi itu masuknya dalam hadits.

Sedangkan menurut Imam Syafi’i dibedakan antara hadits dan sunnah. Setiap sunnah adalah hadits dan tidak semua hadits adalah sunnah. Terminologi yang digunakan Imam Syafi’i kemudian digunakan oleh orang-orang sekarang, yakni semua hadits shahih adalah sunnah.

Belajar hadits menurutnya tidak cukup dengan mempelajari musthalah hadits saja. Karena ilmu hadits itu ada tiga komponen; musthalahul hadits, takhrij hadits dan metode memahami hadits.
7. Kritikan KH. Ali Mustafa Yaqub Terhadap Syaikh Al-Albani
Dalam salah satu bukunya yang berjudul “Hadits-Hadits Palsu Seputar Ramadhan”, KH. Ali Mustafa Yaqub melontarkan kritikan-kritikannya kepada Syaikh al-Albani, seorang ulama kebanggan Salafi-Wahabi. Diantara kritikannya adalah:
  1. Pada halaman 133, beliau menulis: “Maka, tidak heran apabila ahli hadits dari Maroko Syaikh Abdullah al-Ghumari menyatakan bahwa al-Albani tidak dapat dipertanggungjawabkan dalam menetapkan nilai hadits, baik shahih ataupun dha’if.”
  2. Masih pada halaman 133, beliau menulis: “Tidak mengherankan pula apabila Syaikh Muhammad Yasin al-Faddani, ulama Saudi Arabia keturunan Sumatera Barat Indonesia mengatakan: “Al-Albani adalah sesat dan menyesatkan.”
  3. Pada halaman 135 beliau menulis: “Ungkapan ini kongkritnya adalah al-Albani seorang yang bodoh.”

KH. Ali Mustafa Yaqub selain merujuk pendapatnya pada ulama pakar hadits kaliber dunia seperti as-Sayyid Abdullah al-Ghumari dan Syaikh Yasin al-Faddani, dalam bukunya tersebut beliau juga merujuk pada al-Habib Hasan Assegaf, Syaikh Abdullah al-Harari al-Habsyi dan pakar hadits lainnya yang tidak diragukan lagi keilmuannya.